anak

Mengenalkan Calistung Lewat Aktivitas Menggambar

ijoSudah sering kita dengar larangan orangtua mengajari anak membaca, menulis, dan berhitung pada anak usia PAUD/TK. Hal ini ada benarnya. Secara natural di masa itu adalah masa untuk bermain anak-anak. Waktu mereka lebih banyak untuk bersenang-senang dengan bermain.

Nah, jika orangtua sekadar ingin mengenalkan baca, tulis, dan hitung pada anak usia PAUD/TK, mereka perlu  hati-hati dan mencari cara yang tepat untuk buah hatinya. Pendekatannya tentu saja dengan permainan. Soal waktu pun tidak boleh mengekang kebebasan mereka dalam bermain.

Agar tidak abstrak dalam mengenalkan angka dan hitungan, cara yang paling sederhana, orangtua bisa mendampingi anak di rumah saat anak bertemu angka dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung roti dalam kaleng, telur dalam kulkas, jumlah mainan, dan lain sebagainya. Mintalah anak Anda menghitung jumlahnya. Ini cara nyata berhitung, bukan langsung bertemu angka.

Sementara untuk belajar menulis angka, barangkali orangtua bisa mengawali dengan mengenalkan peralatan gambar, seperti pensil, krayon, dan buku gambar. Untuk menggambar dan mewarnai, tak perlu lagi menunggu usia PAUD/TK. Tak batasan usia anak atau larangan kalau untuk urusan mewarnai dan menggambar.  Hanya jangan paksakan jari anak memegang pensil seperti anak seusia 8 tahun.

Sementara manfaatnya menggambar dan mewarnai untuk merangsang motorik anak dan berefek pada kecerdasan. Melalui aktivitas ini, kreativitas dan konsentrasi serta daya tahan anak diuji. Dalam aktivitas menggambar ini, anak bisa dikenalkan aneka bentuk angka dan perlahan dicoba mengikuti bentuknya. Anak juga bisa dikenalkan mewarnai huruf dan angka-angkanya.

Nah, perlahan, orangtua bisa memberikan contoh nama obyek di samping gambar atau menuliskan angka di bawah gambar.  Di sini tulisan dan kata mulai dikenalkan. Tanpa disadari, lewat pintu menggambar memungkinkan anak juga mengenal kata dan angka.

Perlahan aneka abjad besar dan kecil, semula dikenalkan sebagai sebuah gambar. Misalnya mengikuti cara membuat lengkung huruf C dan U besar. Tak perlu tergesa atau takut salah. Ajaklah mengikuti bentuk-bentuk huruf, layaknya sedang menggambar. Pada buku anak, biasanya hal ini banyak disajikan.

Hampir semua anak suka tertarik melihat gambar. Maka tak heran jika buku anak yang dirancang secara visual penuh gambar dan disediakan untuk menarik minat anak pada buku-buku. Sebagai super-smart-book-menulis--berhitungbuku ajuan untuk orangtua buku “Super Smart Book Menulis & Berhitung” bisa jadi bahan pengenalan huruf dan angka untuk anak.

Dalam buku ini buah hati ditemani oleh dua tokoh fantasi Putri dan Yuki. Kedua mengajak belajar sekaligus berpetualang di sekitar istana. Nah, dalam setiap lembar Putri dan Yuki memberi semangat anak untuk berjumpa abjad, kata, dan angka. Yuk dampingi anak-anak bermain huruf dan angka lewat buku ini.

 

 

Pentingnya Imunisasi Polio bagi Balita 0—59 Bulan

imunisasi-polio-depanPekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio hadir kembali. Mulai 8—15 Maret 2016 ini jangan lupa ajak buah hati Bunda ke pos kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio secara gratis, ya. Vaksin polio ini merupakan salah satu vaksin yang dibutuhkan bayi agar terhindar dari penyakit polio.

Read more: Pentingnya Imunisasi Polio bagi Balita 0—59 Bulan

Rekomendasi

kamus-lengkap-bergambar-inggris-indonesia     menggambar-manga-dengan-pensil-untuk-pemula

banner-wira--dane