Mudahnya Membuat Makanan Sehat & Bergizi untuk Si Kecil

 

menu-harian-mpasiBagi para orangtua yang baru pertama memiliki bayi, mulailah dengan memberikan makanan yang halus, encer dan lembut, seperti pure atau bubur beras saat bayi memasuki usia 6-7 bulan. Selanjutnya, mulailah membuat makanan yang lembek dan lembut seperti bubur saring jika bayi sudah menginjak usia 8 bulan.

Makanan semi padat, seperti nasi tim, makanan yang dicincang kasar, atau finger foods, bisa Anda berikan pada bayi berusia 11 bulan. Sedangkan bayi berusia 12 bulan, sudah bisa mencicipi makanan padat.

Namun, jika Anda masih merasa kesulitan memilih menu MPASI bagi sang buah hati, Anak Kita menerbitkan buku Menu Harian MPASI; Praktis, Sehat & Alami yang akan membantu Anda memilih dan memilah makanan pendamping yang sehat dan alami untuk bayi.

Dalam buku yang ditulis oleh Budi Sutomo ini terdapat resep-resep MPASI yang mudah dibuat dan sesuai dengan usia, kebutuhan gizi dan perkembangan bayi. Tidak hanya itu, buku ini dilengkapi juga dengan tip-tip seputar MPASI, informasi nutrisi yang tepat untuk kecerdasan otak bayi, hal yang tidak boleh dalam MPASI, hingga resep dasar membuat kaldu.

Nah, berikut salah satu resep MPASI yang bisa Anda coba: Bubur Susu Brokoli.

bubur-susu-brokoli1Bubur Susu Brokoli
Untuk 2 porsi
Waktu memasak: 25 menit

Bahan:
40 gr tepung maizena
300 ml air
40 gr brokoli, cincang
20 gr susu bubuk formula lanjutan sesuai usia, larutkan dengan 4 sdm air matang

Cara membuat:
1.    Larutkan tepung maizena dengan air, masak hingga mendidih. Tambahkan potongan brokoli. Masak hingga semua bahan matang dan bubur mengental. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan larutan susu formula lanjutan. Masak lagi sebentar, angkat.
2.    Tuang bubur ke dalam blender. Proses hingga lembut. Angkat.
3.    Saring bubur lalu tuang ke mangkuk makan. Hidangkan.