Yuk Ajak Anak Menyimak Komik Islami, Ada Pesan Teladan dari Rasulullah SAW

Bagaimana mengajarkan perilaku baik kepada anak-anak? Yang pasti anak-anak membutuhkan contoh atau tauladan dari orangtua. Memberikan contoh nyata akan lebih baik dari kata-kata. Ingat, ayah dan bunda, anak-anak adalah peniru yang ulung.

 

Nah, mengajarkan perilaku baik seperti kemandirian, disiplin, kejujuran, dan kasih sayang akan lebih bagus diperkenalkan sejak mereka masih usia dini. Sebab, mengajarkan adab saat anak beranjak dewasa tentu akan lebih sulit.

 

Islam mengajarkan dengan detail bagaimana berperilaku yang baik dan beradab. Setiap gerak dan langkah kita mulai dari bangun tidur, masuk ke kamar mandi, makan, minum, hingga kembali ke tempat tidur, semua ada aturannya. Setiap tingkah laku mesti tertuju kepada kebaikan, kebersihkan, dan akhlak terpuji. Itu semua karena Islam adalah agama yang membawa rahmat bagi semesta. Bukan sebaliknya.

 

Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, yang kedatangannya adalah untuk memperbaiki akhlak manusia. Setiap tingkah laku dan ucapan Rasulullah dituangkan ke dalam hadits oleh para sahabatnya. Seperti kebiasaan Rasulullah yang selalu menjaga kebersihan mulutnya. Diceritakan dalam Hadits Riwayat Bukhari, “Dari Hudzaifah ra. telah mengatakan: Adalah Nabi SAW jika telah bagun dari tidurnya, maka beliau menyikat mulutnya dengan siwak (sikat giginya). “

 

Sementara teladan dalam pendidikan anak adalah tuntutan untuk menimba ilmu. Karena ilmu penting sekali dalam kehidupan, hingga Rasulullah SAW pernah menyampaikan “kejarlah ilmu hingga ke negeri China.” Ingat juga seperti yang diriwayatkan dalam Hadist Riwayat Muslim, “Barangsiapa yang menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.

 

menggunting-kuku-komik-islami

 

 

Salah satu jenis buku yang biasanya disukai anak-anak adalah komik. Komik dapat dijadikan media untuk mengedukasi anak-anak. Mereka lebih mudah menangkap sesuatu melalui teks, visual, dan urutan adegan dalam gambar komik. Oleh karena itu, komik bisa disebut sebagai media literasi visual.

 

Dengan komik, minat membaca pada anak-anak bisa digali. Buku yang didominasi bahasa gambar ini biasanya menjadi media yang pas sebagai pembelajaran. Tentunya, komik disesuaikan dengan usia anak dan terdapat pesan moral kebaikan.

 

Sebagai referensi, buku Komik Islami dengan cerita bergambar ini bisa menjadi bahan bacaan untuk anak. Buku ini berisi 33 hadits rasul, cerita teladan untuk anak-anak, dan gambar komik yang dapat diberi warna.

 

Komik Islami memiliki empat seri, yaitu seri adab kemandirian sehari-hari, seri adab beribadah, seri karakter muslim, dan seri kasih sayang. Komik Islami ditulis oleh Nurul Ihsan. Buku berukuran 21 x 28 cm ini diterbitkan oleh Anak Kita.

 

komik islami

 

Cerita-cerita dalam komik ini disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari. Cerita-cerita yang dekat dengan keseharian anak, misalnya di lingkungan rumah dan sekolah. Ada cerita tentang hikmah dari bahaya memfitnah, agar tidak pamer, bertetangga, berbagi, dan banyak contoh nyata yang menarik disampaikan untuk anak-anak.

 

Yuk, ayah dan bunda dampingi anak-anak saat menyimak buku ini. Luangkanlah waktu 10 menit untuk menyampaikan cerita-cerita dalam Komik Islami ini kepada mereka. Berikan pula contoh teladan baik sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, teladan baik dalam berbagai perilaku hidup, mengajarkan kasih sayang kepada manusia dan segala ciptaan Allah di alam semesta ini.

 

 

Bestseller

Cover-MONTESSORI-0-3-tahun     Cover-MONTESSORI-3-6-tahun

banner-wira--dane