danau-toba

Asal Usul Danau Toba

danau-tobaKecantikan dan keindahan Danau Toba dari Sumatera Utara memang sudah tersohor kemana-mana. Jangankan pemandangannya, asal usul terbentuknya Danau Toba pun begitu menarik untuk disimak.

Konon, dulu ada seorang pemuda yang secara tidak sengaja berhasil menangkap ikan besar saat memancing. Tanpa diduga, ikan besar yang sebelumnya ia pancing kini telah berubah menjadi seorang gadis cantik.

Sang pemuda pun mengizinkan gadis jelmaan tadi tinggal di rumahnya. Selang beberapa waktu, akhirnya pemuda itu menikahi gadis tersebut dengan satu syarat, ia akan pernah mengungkit asal usul gadis itu.

100ceritaRakyatSayangnya, pemuda tersebut tidak menepati janjinya. Suatu hari, saat pemuda itu murka terhadap anak mereka, secara tidak sengaja ia mengungkapkan rahasia besar itu. Mendengar hal tersebut, istrinya pun sangat sedih.

Sang istri menyuruh anaknya untuk naik ke puncak bukit. Ia sendiri segera berlari menuju sungai lalu melompat ke dalamnya dan tiba-tiba berubah menjadi seekor ikan besar. Dalam sekejap, sungai itu banjir, menyebabkan genangan air yang luas dan akhirnya berubah menjadi sebuah danau yang sangat besar. Oleh masyarakat setempat, danau tersebut dinamakan Danau Toba.

Kisah selengkapnya tentang asal usul Danau Toba ini bisa kamu baca dalam buku Rangkuman 100 Cerita Rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang ditulis oleh Irwan Rouf & Shenia Ananda.

Sesuai dengan judulnya, buku terbitan Anak Kita ini akan mengajak kamu mengenal lebih dalam cerita-cerita rakyat, seperti cerita kepahlawanan, mitos, legenda, dongeng, dan fabel, dari seluruh Nusantara. Mulai cerita Si Parkit Raja Parakeet dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, kisah anak yang durhaka si Malin Kundang di Sumatera Barat, kepahlawanan si Pitung di Jakarta, legenda Roro Jonggrang di Yogyakarta, dongeng Asal Usul Ikan Duyung di Sulawesi Tengah, sampai cerita fabel Buaya Ajaib Sungai Tami di Papua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *