metode8

Mahir Membaca dengan 8 Langkah

metode8Buku adalah jendela dunia. Begitu pepatah mengatakan. Oleh karena itu, membaca menjadi sangat penting bagi siapa pun agar ia bisa mengetahui berbagai ilmu pengetahuan dan kejadian yang terjadi di dunia.

Begitu pun bagi anak yang sedang aktif-aktifnya belajar membaca. Sedikit demi sedikit mereka akan mengenal ilmu pengetahuan yang akan membantu mengembangkan dan memaksimalkan kecerdasannya.

Nah, untuk menjadikan anak pintar membaca memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kesabaran, semangat, dan langkah-langkah jitu untuk membantu mereka mewujudkannya.

Buku Metode 8 Langkah Pintar Membaca yang ditulis oleh Ariany Syurfah melatih anak untuk menjadi pintar membaca secara bertahap. Buku terbitan Anak Kita ini disusun secara sistematis, mudah, menyenangkan, dan variatif. Dengan begitu, anak tidak akan merasa kesulitan saat belajar dan tidak akan mudah bosan saat melakukannya.

Berikut adalah kedelapan langkah tersebut:

Langkah 1: membaca huruf.
Langkah 2: membaca gabungan huruf dengan huruf vokal
Langkah 3: membaca gabungan huruf dan suku kata
Langkah 4: membaca gabungan dua suku kata (beraturan)
Langkah 5: membaca gabungan dua suku kata (acak)
Langkah 6: membaca kata dan kalimat sederhana
Langkah 7: membaca huruf “ng” dan huruf “ny”
Langkah 8: membaca huruf konsonan

Selain kedelapan langkah di atas, kita pun bisa mengajarkan anak membaca dengan berbagai variasi, baik membaca huruf dengan menggunakan lagu, tanpa lagu, membaca huruf dengan urutan terbalik, atau pun secara acak.

Semakin variatif cara mengajarkannya, tidak menutup kemungkinan anak akan semakin mahir dan cepat dalam mempelajarinya. Jangan lupa untuk melengkapi proses belajar membaca ini dengan latihan membaca kata-kata dan kalimat sederhana.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *