date-fruits-duo-luar

3 Hal yang Dianjurkan dan Tidak Dianjurkan dalam Puasa

date-fruits-duo

Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Adik-adik, saat ini kita sudah memasuki bulan puasa. Tentunya, adik-adik tahu dong bahwa makan dan minum itu termasuk hal-hal yang membatalkan puasa? Namun, apa saja ya, hal-hal yang biasa kita lakukan tapi sebenarnya dianjurkan atau tidak dianjurkan saat puasa? Berikut adalah beberapa di antaranya.

Berbuka puasa dengan kurma
Adik-adik, kalau kamu pernah mendengar kalimat ini: “berbukalah dengan yang manis”, itu tidak salah lho. Nabi Muhammad SAW juga melakukan hal tersebut. Tapi, Rasulullah bukan berbuka dengan sirup atau es buah. Melainkan kurma.

Mengapa kurma?

Seperti dikutip dari islampos.com, kurma ini bersifat panas, lembab, dan memiliki kandungan gula (glukosa) yang tidak terlalu tinggi, sehingga rasa manisnya tidak berlebihan. Hal ini memiliki keuntungan bagi tubuh karena saat shaum/puasa, kandungan gula dalam darah sedang turun. Sehingga ketika tubuh mendapat asupan makanan dengan kadar gula sederhana yang tidak terlalu tinggi, tubuh akan merespon dengan normal dan kadar gula dalam darah perlahan naik.1

Tidur siang selama puasa
Siang hari saat puasa itu memang enak jika diisi dengan tidur. Benar nggak adik-adik? Tapi, tidurnya jangan kelamaan, ya. Puasa kamu sebenarnya tetap sah walaupun diisi hanya dengan tidur, namun yang membuatnya jadi haram adalah jika kamu meninggalkan sholat di sepanjang waktu tidur siang itu.

Nah, berarti kalau mau tidur siang harus ingat waktu, ya. Jangan sampai sholatnya terlewatkan, oke?2

Berkumur
Makan dan minum—jika dilakukan secara sadar dan sengaja—sudah pasti membatalkan puasa. Lalu, bagaimana dengan berkumur?

Seperti disebutkan dalam catatanmuslim.blogspot.com, Rasulullah sendiri sebenarnya tidak melarang seseorang untuk berkumur saat berpuasa, hanya saja sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan secara berlebihan dan tentunya jangan sampai masuk ke dalam perut.3

Adik-adik, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat menjalankan puasa. Semoga lancar terus ya, puasanya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *