"> Kenalkan Aktivitas Mewarnai; Penuh Keseruan dan Banyak Manfaat Bagi Anak - penerbit buku anak | anakkita
aktivitas mewarnai

Kenalkan Aktivitas Mewarnai; Penuh Keseruan dan Banyak Manfaat Bagi Anak

Bukan tanpa alasan kegiatan mewarnai dikenalkan di masa usia anak-anak. Ya, mewarnai adalah bagian penting dari masa kanak-kanak. Bekal untuk menumbuhkan keterampilan motorik halus dan visual terkait tumbuh kembang anak. Juga bekal mengantar anak belajar menuju sekolah.

Ada banyak manfaat mewarnai sebagai alat untuk membangun keterampilan. Mewarnai mengembangkan kekuatan tangan, keterampilan persepsi visual, dan ketepatan genggaman.

Aktivitas mewarnai bisa mengekspresikan kreativitas dan menghasilkan sesuatu yang mungkin membanggakan anak-anak. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan pemahaman tentang sebab dan akibat, dan meningkatkan konsentrasi.

Kira-kira apa saja, sih, manfaat mewarnai itu? Yuk, kita simak informasi berikut ini ya, Ayah Bunda.

 

manfaat mewarnai

 

Mengenal perbedaan warna

Mewarnai membantu anak untuk mengenal dan membedakan warna. Anak akan dapat membedakan warna-warna dasar, warna umum ,dan gradasi warna.

 

Meningkatkan keterampilan motorik

Salah satu cara mengingkatkan keterampilan motorik anak adalah dengan mewarnai. Sambil menggenggam pensil warna dan belajar mewarnai gambar tanpa keluar garis, keterampilan motorik anak akan ikut terasah. Otot jari, tangan, dan pergelangan tangan akan berkembang melalui genggaman dan gerakan tangan anak saat ia mewarnai.

 

Melatih konsentrasi

Mewarnai bisa menjadi sarana untuk melatih konsentrasi anak. Saat sedang mewarnai anak akan fokus dan tidak mudah teralih ke hal-hal lain. Konsentrasi yang tidak mudah teralih ini ke depan akan sangat bermanfaat bagi anak dalam mengerjakan tugas-tugas lainnya.

 

Meningkatkan kreativitas

Kreativitas anak bisa diasah melalui mewarnai. Dengan mewarnai, anak akan belajar untuk memikirkan variasi warna yang akan ia gunakan dalam sebuah gambar. Hal ini akan melatih anak untuk berpikir kreatif agar menghasilkan tampilan gambar yang bagus dengan variasi warna yang menarik.

 

Sarana mengekspresikan diri

Bagi anak, mewarnai bisa menjadi salah media untuk mengekspresikan diri. Saat mewarnai, anak bebas memilih warna dan menuangkan apa yang ada di dalam pikirannya atau apa yang ia rasakan ke kertas/buku mewarnai.

 

Sarana relaksasi dan melatih kesabaran

Mewarnai dapat mendorong anak menjadi lebih santai dan nyaman, terutama saat mereka mulai mewarnai gambar yang ada di hadapannya. Tidak hanya itu, dengan mewarnai secara tidak langsung akan melatih kesabarannya. Mereka harus menyelesaikan satu per satu bagian saat mewarnai. Dan hal itu tentu membutuhkan kesabaran dalam melakukannya.

 

Membangun rasa percaya diri

Saat anak mampu menyelesaikan tugas mewarnainya, hal itu akan membantu meningkatkan rasa percaya dirinya. Apalagi jika mereka melihat bahwa hasil mewarnai yang mereka kerjakan terlihat bagus, memiliki komposisi warna yang baik serta terkesan hidup. Tentunya akan membuat mereka semakin percaya diri.

 

Persiapan masuk sekolah

Mewarnai bisa menjadi sarana latihan untuk persiapan masuk sekolah. Anak akan terbiasa kegiatan dengan media kertas.

 

Sarana pelepas stres dan terapi

Jangankan orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami stres. Anak-anak bisa melepaskan rasa stresnya dengan mewarnai. Mereka bisa dengan bebas menuangkan emosinya melalui warna-warna yang mereka pilih dan tuangkan ke atas kertas. Tidak hanya itu, mewarnai juga bisa menjadi media terapi yang menenangkan bagi anak, terutama saat mereka sedang emosi.

 

 

Referensi buku anak untuk mewarnai:

Anak Pintar Mewarnai Si Poni dan Teman-teman

 

 

 

 

 

Sumber Artikel:

popmama.com

tirto.id

littlelearnersuk.com/

 

Related posts

Leave a Comment

bikin mainan bareng dolanan anak