"> Memotivasi Anak Belajar Adab dan Menulis Huruf Hijaiyah dengan Kartu Baca - penerbit buku anak | anakkita
Kartu Hadits 9

Memotivasi Anak Belajar Adab dan Menulis Huruf Hijaiyah dengan Kartu Baca

Baik untuk orang tua maupun anak-anak, metode menggunakan kartu baca, biasa menjadi alat yang cukup efektif untuk belajar mengingat. Bagi anak-anak metode jenis ini bisa dilakukan sembari bermain. Bisa dibawa ke mana saja, praktis dan dalam bentuk kecil sebagai media pengingat atau sekadar bermain tanpa terasa itu sebagai proses belajar.

Belajar menggunakan kartu baca, dipopulerkan oleh Glenn Doman. Cara menggunakan metode ini hanya menunjukkan dan memperlihatkan kartu baca. Isinya bisa berupa huruf atau kata. Dilakukan rutin dengan durasi waktu yang sebentar saja, sembari melihat mood si anak.

Flashcard memiliki fokus dan kekuatan pada menyampaikan konten secara visual. Anak-anak saat ini cenderung menyukai dan banyak terpapar secara visual berupa gambar yang menarik dengan sedikit teks.

Lewat flashcard, menjadi langkah awal yang baik dan kunci belajar membaca untuk pertama kali. Flashcard bisa menahan dan memanggil kembali informasi yang mereka lihat. Orang tua tinggal mengeluarkan kartu baca dan mengajaknya berbincang ketika mendapat momen yang tepat (sesuai mood).

Pengenalan kosakata baru dalam bahasa asing, cocok menggunakan flashcard. Flashcard ini penting untuk merepetisi apa yang dipelajari. Lewat repetisi atau pengulangan bagian dari cara belajar yang sejak dulu ampuh untuk merekatkan pada memori otak.

 

Belajar Dua Hal Bersamaan dalam Satu Flashcard

Kartu Hadits 9

Aktivitas-Menulis-Hijaiyah 

Dalam perkembangannya, kartu flashcard merupakan cara terbaik mengenalkan segala hal, tidak hanya angka, huruf, dan kosakata. Dengan ukuran standar 10 x 15 cm, kartu ini mudah dimainkan, dibawa, dan disimpan. Inilah kartu yang baru saja diterbitkan oleh anakkita.

Tujuan konten dari kartu ini mengenalkan adab dan perilaku teladan dari Nabi Muhammad SAW. Namanya Kartu Hadits Adab, berisi 50 lembar kartu baca, dengan konten dua muka. Bagian muka kartu berisi kumpulan hadits nabi terkait adab, di baliknya berisi cara menulis huruf Hijaiyah dan angka Arab.

Seperti kita ketahui Bunda, di atas ilmu ada yang lebih penting yaitu adab (kebaikan budi pekerti). Salah satu qoute yang sering kita dengar, dikutip dari ulama sufi, Abdullah bin Mubarak, “Kita lebih membutuhkan adab (meskipun) sedikit dibanding ilmu (meskipun) banyak.” Sepintar apa pun anak jika tidak dikenalkan adab bisa “berbahaya” bagi dirinya, lingkungan alam, dan masyarakat secara umum.

Sebagai contoh adab yang berhubungan dengan kerusakan lingkungan, perilaku adab hidup bersih dan menghindari penggunaan bahan plastik sedikit banyak akan menyelamatkan bumi di masa depan. 

Lewat kartu baca orang tua bisa belajar melakukan bonding atau pendekatan dengan anak. Kartu menjadi media yang asyik mengenalkan segala hal termasuk mengenalkan soal etika dan adab. Ya, kartu ini berisi kumpulan hadits, panduan ibadah, cara belajar menulis huruf, dan angka Arab.

Di sini orang tua bisa mengenalkan kosakata bahasa Indonesia dan Arab sekaligus. Ada pula hadits nabi, kepada anak belajar dengan flashcard, kuncinya tidak boleh menjadi beban untuk anak. Cara memainkannya atau memperlihatkan dalam waktu kurang dari 1 menit.

Memang urusan adab, akhlak, mengajari perilaku baik tidak cukup menggunakan kartu. Setidaknya ini awal yang baik bagi orang tua menyuguhkan pola edukasi sembari bermain.

Kartu Hadits Adab ini diharapkan menjadi bagian upaya mendidik dan penanaman akhlak sejak usia dini. 

50-Kartu-Hadits-Adab-ft

 

 

Belajar Menulis Huruf Hijaiyah dan Angka Arab

50-Kartu-Hadits-Adab 

Untuk membangun keterampilan motorik anak, terkait keterampilan menulis huruf Hijaiyah, pada Kartu Hadits Adab, terdapat tata cara menuliskan bentuk huruf. Agar lebih seru Bunda bisa mengajak anak menggunakan spidol nonpermanen saat belajar mengikuti bentuk-bentuk huruf Hijaiyah dan angka Arab. Dalam kartu ini anak juga akan berjumpa cara menuliskan beberapa tanda baca seperti fathah, kasroh, dhommah, dan tanwin. Selain itu ada juga sukun dan tasydid.

Lakukan perlahan sembari membangun bonding dengan anak, dalam mengajarkan menulis huruf Hijaiyah. Semua dilakukan rutin, berulang kali, saat anak dalam kondisi nyaman, dan jika memungkinkan dilakukan terjadwal.

Jadi,dengan Kartu Hadits Adab ini, Bunda dan buah hati dapat belajar tentang hadits adab pada satu sisi, dan aktivitas kreatif Islami pada sisi lainnya.

50 Kartu Hadits Adab yang diterbitkan anakkita ini bisa didapatkan di toko buku Gramedia dan toko buku online terdekat, Bunda.

 

 

Leave a Comment