25harilancarmembacautktk

Sukses Lancar Membaca Dalam 25 Hari

25harilancarmembacautktkMengajarkan anak membaca tentu tidaklah sulit. Namun, untuk bisa mengajarkan anak membaca dalam waktu 25 hari pastinya menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua.

Ya, dengan penuh kesabaran dan ketekunan, waktu 25 hari bukanlah hambatan bagi orangtua untuk mengajarkan anak lancar membaca. Apalagi jika ditunjang dengan media yang tepat, tentunya proses belajar mengajar akan terasa lebih menyenangkan.

Buku 25 Hari Lancar Membaca untuk TK yang ditulis oleh Yuni Nuraeni ini disusun untuk memudahkan orangtua atau guru pembimbing dalam mengajarkan membaca kepada anak pra TK dan TK.

Selain menggunakan bahasa yang sederhana, mudah dimengerti, dan dihiasi dengan ilustrasi menarik, buku terbitan Anak Kita ini juga dilengkapi dengan 6 tahapan belajar agar anak bisa lancar membaca. Berikut adalah tahapan-tahapannya:

1.    Perkenalkan huruf satu per satu, lalu ingatkan anak untuk menghafal bentuk dari huruf-huruf tersebut secara berulang. Caranya bisa dengan improvisasi.
2.    Materi berikutnya adalah pengenalan dan mengeja suku kata yang dipadukan dengan huruf vokal a i u e o, lakukan secara berulang agar anak hafal.
3.    Mengenalkan kata berakhiran huruf konsonan, kemudian gabungkan ke dalam kalimat-kalimat yang sering diucapkan dan objek-objek benda yang ada di sekitar anak.
4.    Pada tahap ini anak dikenalkan kata dengan huruf –NG dan –NY. Agar mudah dipahami, terapkan langsung ke dalam kalimat.
5.    Materi latihan berlajar membaca langsung atau membaca dengan tanpa mengeja lagi suku katanya.
6.    Membaca kalimat sederhana.

Yang terpenting, jagalah agar anak tidak jenuh dan bosan dalam belajar. Ada baiknya, latihan dalam satu halaman dilakukan maksimal selama 10 menit. Berikan jeda sebelum masuk ke halaman berikutnya. Hal utama, ketika mood anak sedang bagus, ulangi pemberian materi tiap halamannya agar anak lebih paham.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *